KKMK Bogor

Keluarga Karyawan Muda Katolik Bogor

Panti Asuhan ABAS Parung 30 Juli 2008

Posted by khristianto on August 5, 2008

    

Kehidupan dewasa banyak menghadirkan kepalsuan dalam berpikir dan bertindak. Kita tersenyum namun tiada ketulusan di baliknya. Hidup kita indah namun kita selalu mengeluh. Kita rajin berdoa tetapi kita juga rajin merendahkan sesama.  Kepentingan pribadi seringkali menyandera dan membuat kita terasing dari kesejatian hidup seperti yang diajarkan agama dan gereja. Kehidupan dewasa adalah kehidupan hipokrit yang membutuhkan cermin untuk menyadarkan kita bahwa wajah kita sangat kotor.

Cermin itu adalah anak-anak yang bagai kolam jernih di mana di dalamnya tersimpan keluguan, keriangan, keberanian, kejujuran, ketulusan dan semua energi hidup yang positif. Anak-anak adalah inspirasi hidup kini dan mendatang. Seperti diajarkan Yesus (Markus 10:15),”Sesungguhnya barangsiapa tidak menyambut Kerajaan Allah seperti seorang anak kecil, ia tidak akan masuk ke dalamnya”.

              

30 Juli 2008. Di saat hari libur, KKMK Bogor dan KKMK Parung bekerja sama menyelenggarakan acara hiburan di Panti Asuhan ABAS (Awam Bina Amal Sejati) Parung. Tekad kami semua adalah untuk menunjukkan empati dan simpati kepada anak-anak dan para orangtua jompo yang tinggal di panti asuhan tersebut.

Dari statistik, anak-anak yang tinggal di sana berjumlah 40 orang sementara orang tua jompo berjumlah 10 orang. Mereka datang dari latar belakang kehidupan yang sangat memprihatinkan. Ambil contoh adalah seorang anak berusia 4 tahun. Namanya Daniel.

Ia lahir dari seorang ibu yang gagal melakukan aborsi terhadapnya. Sang ibu kemudian menyerahkan bayi kecil tersebut kepada Ibu Rosa (pemilik panti asuhan). Kondisi Daniel kecil sangat mengenaskan. Ia menderita meningocele di mana terdapat kebocoran pada sinusnya. Cairan otaknya mengalir membentuk benjolan di antara mata kiri dan hidungnya. Di usia dua bulan, dokter melakukan operasi terhadap Daniel. Operasi ini belum tuntas dan dilanjutkan ketika Daniel berusia  1,5 tahun. Kini setelah diasuh oleh Ibu Rosa, Daniel dapat tumbuh normal.

Cerita yang hampir mirip dialami oleh sebagian besar anak-anak penghuni panti asuhan. Mereka lahir dan ditolak kehadirannya oleh orang orangtua kandung mereka sendiri. Orang dewasa berbuat kesalahan dan anak-anak tersebut yang harus menanggung derita. Betapa kejamnya.

Acara bersama KKMK Bogor dan Parung ini dimulai pada pukul 9 pagi. Didahului dengan misa Ekaristi yang dipimpin Romo Tarno, acara kemudian dilanjutkan dengan bermain bersama anak-anak. Rentang usia anak-anak ini sangat beragam. Kami mengelompokkan mereka ke dalam tiga grup yaitu anak TK, anak di bawah 10 tahun dan anak di atas 10 tahun. Masing-masing grup anak diberikan satu permainan. Menyenangkan sekali melihat betapa antusiasnya mereka dalam bermain.

Acara berikutnya adalah perayaan ulang tahun dua orang anak dan karyawan panti asuhan. Kami kejutkan mereka dengan membawakan dua kue tart besar. Di atas kue tart yang terlihat sangat lezat ditempatkan lilin. Dengan diiringi lagu selamat Ulang Tahun yang dinyanyikan secara meriah, lilin ditiup oleh mereka berempat. Sungguh membahagiakan menyaksikan momen tersebut. Semoga kebahagiaan tersebut juga dirasakan oleh mereka yang berulang tahun.

Waktu sudah beranjak ke acara makan siang. Kotak nasi yang kami sudah siapkan segera dibagikan kepada semua peserta acara. Perut memang sudah keroncongan sehingga tidak butuh waktu lama untuk membuat kotak tersebut menjadi bersih.

Sebelum kami pulang, secara simbolis kami menyerahkan ratusan buku dan majalah yang diharapkan dapat memberikan pengetahuan dan wawasan kepada anak-anak panti. Acara ditutup dengan foto bersama. Pukul 1.30 kami beranjak meninggalkan panti dan membawa sejuta kenangan. Kenangan akan wajah-wajah riang dan polos tanpa dosa, mencoba bertahan dalam dunia yang sepi kasih orangtua.

10 Responses to “Panti Asuhan ABAS Parung 30 Juli 2008”

  1. San2 said

    Wow…… Keren2 Foto na Daniel hehehehe………
    Seneng kerjasama ma KKMK Bogor jd ketagihan. Ditunggu Acara2 gabungan selanjutnya ya…………….

  2. khristianto said

    Yang motret Adit tuh San. Ayo kita kasih aplaus buat Adit…plok…plokkk…hehe. Gue pribadi ga nyangka sebegitu banyaknya teman-teman KKMK Parung yang datang. Untuk ke depan, kita bakalan lebih optimis bisa bikin acara yang lebih gede lagi.

  3. Andreas said

    Waahhh .. nda salah ni ada yang ketagihan…. heheheee “Asyiikk”

  4. sashimi-san said

    untuk temen2 terima kasih banyak yaa….
    terutama panitia yg sdh luangkan waktu, tenaga, sprit, pulsa, keringet, dll,
    special buat mbak wiwit (seksi sibuk sekali – sing a song),mbak nina (seketaris yg T.O.P), ci2 ira (yg maksain ym ama dd indra), ko2 bijaksana, ko2 eddy and ci ke 3) , bang ab & frans rus (ojek sejati)(poppy erlina, mc kondang) daniel and family photo trs yaa…., tere laporannya bagus bgt, ses maya kue nya bagus sayang qta ga nyobain, aj and mimi, u/ semua thanks a lot
    adit patner yg rajin membaca alkitab, ko2 ferdi and ci monic yg jual koran mlm2 pula….. hahahahaa…..
    trs semua donatur yg ngasih dana sumbangan, and ngasih berbentuk barang ……..
    makasih bnyk….

    ups……. romo tarno ‘thanks berat’

    seluruh team kkmk parung makanan nya enak, koordinasi nya enak,
    sejarah telah mencatat 1 acara 2 organisasi kkmk yg berbeda tempat, saling bergandeng tangan penuh dgn kasih and pokoknya …….. ajib bener

    jgn sampai puas yaa……
    ayo terusin pelayanan kita sampai kakek nenek
    terus maju and semangat 45

    merdeka merdeka merdeka…….
    (amsal 17:17)

  5. San2 said

    ya nech ktagihan hehehe…..

    Yang Foto Adit ya…. yach pokoe keren dahhh kerjasama kalian semua. Thanks buat semua temen2 KKMK Bogor yang udah ngajak kita kerjasama bareng. Bener kata Indra ajib bener dahh achhhh………

    Yach gw aja ga nyangka banyak yang minat dateng KKMK Parung mungkin krn Join ma Bogor kaleee hehehe ( apa hubungannya ya???? jawab sendiri ) bcanda2 yach mungkin krn kita dah lama ga kunjungan Panti Asuhan kangen berbagi.

    Selamat u/ Panitia dengan waktu yang singkat dapat membuat suatu Acara yang OK punya terutama u/ Indra sang Ketua Panitia.

    GBU All……………

  6. catharina said

    Salam Sejahtera,

    Bisa tahu nomor telepon dan alamat panti Asuhan ABAS dan Panti Werda Graceli ?

    Tuhan Memberkati
    Catharina

  7. rita said

    Please info : alamat tepatnya dan no tlp panti asuhan ABAS ini.
    Thanks

  8. egi said

    wahhh asik bgt tapi sayang sisil gk ada….

  9. lidya said

    Boleh minta alamat n no telp panti tersebut. Sebelumnya sy ucapkan banyak terima kasih.

  10. Matthew Rudyanto said

    Yayasan ABAS – Panti Asuhan & Jompo
    Jl. Melati, Dsn Tonjong Kec. Tajur Halang – Bogor
    JABAR 16005
    +622518552473
    +62816631986
    BCA No. 872.0088.500
    Setiap Manusia berhak dicintai dan mencintai

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: