KKMK Bogor

Keluarga Karyawan Muda Katolik Bogor

9 Cara Hidup Bahagia

Posted by khristianto on May 8, 2008

Hidup bahagia adalah dambaan setiap orang. Namun untuk mewujudkannya tidak semudah membalik telapak tangan. Lalu bagaimana mencapai semua itu? Ikuti tips berikut.

1. Nikmatilah hidup
    Setiap hari kerjakanlah sesuatu yang menggairahkan atau mengingatkan kembali akan keindahan dan kesenangan hidup. Misalnya, belanja, berkebun, rekreasi dengan anak-anak, dan mendengarkan musik. Cobalah untuk menggairahkan dan mengingat hal-hal yang indah dan menarik di sekitar kita.

2. Kerjakan hal positif
    Donorkan darah, zakatkan uang ke yatim piatu, atau kerja sosial di panti asuhan. Semua yang berhubungan dengan kegiatan sosial akan menolong memperkuat rasa sosialisasi.

3. Matikan TV dan radio
    Mendengarkan berita bencana dan kriminalitas dapat menciptakan rasa takut dan gusar. Daripada melihat film atau video yang dapat menimbulkan perasaan negatif, lebih baik kerjakan sesuatu yang menyenangkan yang melibatkan seluruh keluarga.

4. Bersosialisasi dengan tetangga
    Keluar dari rumah dan bertemu orang-orang yang belum Anda kenal sebelumnya, bercakap-cakap, dan ceritakan apa yang Anda kerjakan. Ciptakan rasa persahabatan sehingga akan menolong Anda merasa hidup aman di antara mereka sekaligus menghilangkan rasa takut sehingga perasaan Anda lebih baik.

5. Tertawa
    Tertawa adalah cara terbaik untuk melepaskan semua emosi negatif, mengurangi ketakutan dan depresi. Ajak teman yang suka melucu untuk makan siang bersama. Pergi menonton film lucu atau film komedi. Bermainlah dengan anak-anak atau binatang peliharaan. Pendeknya, semua yang dapat membuat Anda tertawa.

6. Kegiatan positif
    Biasakan untuk memulai dan mengakhiri hari dengan hal positif. Daripada membuka hari dengan membaca berita utama di koran atau teve, mulailah dengan beribadah atau mendengarkan lagu, atau cobalah untuk merenung sambil menyalakan lilin dan yakin bahwa masih banyak kehidupan yang baik dibanding yang buruk di dunia ini.

7. Sabar
    Jangan biarkan kemarahan dan kegusaran mendominasi hidup Anda. Kemarahan bisa menyakitkan orang lain dan juga diri sendiri. Cobalah untuk tidak menyakiti siapa pun. Lakukan olahraga, meditasi, dan limpahkan semua perasaan emosi ke dalam buku harian, melukis, atau main musik.

8. Tersenyum
    Sebelum bangun pagi dari tempat tidur, pikirlah sesuatu yang menyenangkan yang akan dikerjakan yang dapat membuat Anda tersenyum. Entah mengingat kelakuan si kecil yang menggemaskan, cerita lucu, atau apa saja. Senyum di permulaan hari akan membuat Anda senang sepanjang hari. Senyum dapat membuat sistem imunisasi dalam tubuh berjalan dengan baik dan dapat mengurangi stres.

9. Memaafkan
    Kemampuan memaafkan akan memperkuat hubungan persahabatan dengan orang-orang di sekitar kita dan akan menolong jiwa menjadi lebih tenang. Peliharalah kasih sayang. Pada saat ini, kapan saja, setiap orang membutuhkan kasih sayang dan perhatian, dalam kata-kata dan perbuatan. Biarkan hati berbicara walaupun pikiran Anda tidak mengatakan dengan kata-kata.

 

Sumber : Kompas Online

6 Responses to “9 Cara Hidup Bahagia”

  1. ilovebogor said

    thanks for sharing😀

  2. noeyz said

    saya pengen hidup bahagiabersama ke2 orang tua saya,tidak ingin hidup yang terus2an di landasiberantem

  3. nindrianto said

    nice…tp no3 itu kok sulit ya…lagian, saya kira dengan melihat bencana atau musibah ditempat laen, kita bisa lebih bersyukur…karena slama ini kita selalu merasa kurang…dan merasa paling tersedih di dunia..hehehe..sori…piss deh!

  4. roni said

    makasih boz…
    hal kaya gini nih kecil namun sangat berarti…..
    sangaaaaaaaaaaaaaaaattttttttttt malah………
    heeeeeeeeeee

  5. anashabibi said

    Kalau nggak lihat berita TV ya ketinggalan jaman , dong ah.

  6. Anonymous said

    Hal2 yg tidak menguntungkan jgn dipikirkan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: