KKMK Bogor

Keluarga Karyawan Muda Katolik Bogor

Global Warming : Lakukan Hal-hal Sederhana Untuk Menghentikannya

Posted by khristianto on February 22, 2008

 

Dalam beberapa pesannya, Gereja Katolik telah mengingatkan mengenai bahaya pemanasan global seperti kekeringan, banjir, kelaparan dan musnahnya ekosistem tertentu. Umat Katolik sebagai warga dunia diajak untuk berpartisipasi aktif dalam pencegahan bahaya tersebut. Namun apa sebenarnya yang bisa kita lakukan secara nyata?

Berikut ini adalah hal-hal sederhana yang dapat kita lakukan untuk menjawab pesan Gereja :

1. Matikan lampu ketika meninggalkan rumah atau sebelum tidur.

2. Bekerjalah dalam ruangan tanpa menggunakan lampu listrik. Jika memungkinkan, Anda cukup menggunakan cahaya alami dari sinar matahari.

3. Ganti bolam lampu (regular incandescent light bulbs) dengan lampu hemat energi (compact fluorescent bulbs – CFL’s). CFL’s memang lebih mahal namun jenis lampu ini hanya menggunakan 25-33% energi dari yang digunakan lampu bolam biasa. Sebagai catatan, saat ini lampu CFL’s digunakan oleh hanya 6% konsumer.

4. Jangan biarkan TV berada dalam status standby. Biasakan matikan TV dengan menggunakan tombol on/off di pesawat TV jika sedang tidak menonton. Biarpun TV berada dalam status standby, energi listrik yang dikonsumsi tak ada bedanya dengan menyalakan lampu bolam 75-100 watt.

5. Cabut kabel charger handphone, kamera digital, telepon wireless, dan gadget lainnya dari saklar listrik jika tidak menggunakannya.

6.  Jangan gunakan screensaver jika komputer tidak digunakan. Sebaiknya Anda menggunakan sleep mode atau aturlah agar komputer Anda berada dalam status “hibernate” setelah tidak digunakan selama 30 menit. Cara ini akan menghemat energi dan jauh lebih efisien dibandingkan jika Anda mematikan komputer dan kemudian me-restart saat membutuhkannya.

7. Jika membeli produk elektronik, pilih yang memiliki label “Energi Star”.

8. Atur suhu kulkas antara 2-5 derajat Celcius dan suhu freezer -18 derajat Celcius.

9. Pilih shower daripada bath untuk mandi. Penggunaan bath membutuhkan 4 kali energi lebih banyak dibanding penggunaan shower.

10. Berhematlah menggunakan air bersih. Hindari pemakaian air panas terlalu sering untuk mandi.

11. Konsumsi produk-produk refill. Langkah ini akan menghemat konsumsi kertas atau plastik yang sering dipakai sebagai packaging produk.

12. Berhematlah menggunakan kertas di kantor maupun di rumah. Anda dapat memulainya dengan sehemat mungkin mengkonsumsi kertas tisu atau kertas folio. Saat mencetak (print), usahakan cetak di kedua sisi kertas. Untuk coret mencoret, gunakan kertas bekas yang telah digunakan. Berhemat kertas sama artinya kita melindungi pohon-pohon dari penebangan.

13. Kurangi penggunaan kantong plastik. Kantong plastik adalah produk yang sulit dimusnahkan dan dapat meningkatkan jumlah karbondioksida serta metana ke atmosfir bumi, menyebabkan polusi udara, tanah dan air tanah.

14. Tanamlah pohon-pohonan karena sepanjang usianya, sebuah pohon mampu menyerap 1 ton karbondioksida.

15. Pilih makanan produksi lokal. Makanan impor didatangkan dengan transportasi yang membutuhkan bahan bakar.

16. Belilah makanan segar daripada makanan-makanan yang diawetkan atau yang didinginkan.

17. Kurangi konsumsi daging. Boleh percaya boleh tidak, sapi adalah penyumbang terbesar metana yang mereka hasilkan setiap bernafas. Dan metana adalah penyebab utama efek rumah kaca.

18. Jika Anda ingin membeli mobil, pertimbangkan konsumsi bahan bakar yang dibutuhkan mobil tersebut. Jadikan mobil hemat bahan bakar sebagai pilihan Anda meski tidak terlihat mewah.

19. Menyetir dengan benar akan membantu penghematan bahan bakar. Hindari menyetir secara agresif di jalanan. Pilih gunakan rem tangan daripada rem kaki pada saat-saat tertentu. Matikan mesin mobil bila tidak menggunakannya.

20. Cek ban mobil Anda secara teratur. Ban mobil yang baik akan membantu penghematan bahan bakar mobil.

21. Kendarai mobil Anda dengan kecepatan rata-rata 80 km/j. Pada kecepatan tersebut, konsumsi bahan bakar akan berkurang 25%  dibandingkan bila Anda berada dalam kecepatan > 110 km/j.

22. Kurangi penggunaan kendaraan bermotor. Lebih baik Anda menggunakan kendaraan bermotor secara bersama-sama. Pilihan lain, Anda dapat berjalan kaki, naik sepeda, atau angkutan umum.
 

– daniel –

4 Responses to “Global Warming : Lakukan Hal-hal Sederhana Untuk Menghentikannya”

  1. dp said

    tambahin dongk data2 yg bikin kita percaya klo penggunaan kertas itu bisa bikin global warming. misal, tiap penggunaan kertas brp Kg, mempercepat proses global warming sebesar brp %

  2. […] Global Warming : Lakukan Hal-hal Sederhana Untuk Menghentikannya […]

  3. angga said

    noyk kita sama2 ngatasin global warming.

    kita jaga sama2 bumi kita.

  4. ari arsana said

    wah cara yang bagus sobat…

    menurut ane kertas dan pembangunan rumah mewah juga termasuk enyumabng terbesar…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: