KKMK Bogor

Keluarga Karyawan Muda Katolik Bogor

Ziarah Rekreasi – Mei 2007

Posted by khristianto on February 7, 2008

Acara : Ziarek 2007
Penyelenggara : KKMK Bogor
Waktu  :  16 – 19 Mei  2007
Tujuan : Gua Maria : Kereb (Ambarawa), Rosa Mistica (Salatiga), Ratu Kenyo (Wonogiri), Tritis (Wonosari), Candi Hati Kudus Yesus Ganjuran, Weleri (Kendal)
Peserta : sekitar 80 org

Seperti tahun-tahun sebelumnya untuk menyambut bulan Maria, KKMK Paroki Katedral  Bogor  mengadakan acara Ziarek (Ziarah dan Rekreasi) ke berbagai tempat di Nusantara. Pada  tahun ini KKMK mengajak umat Katolik di Bogor untuk berziarah ke Gua Maria  Kereb (Ambarawa), Rosa Mistica (Salatiga), Ratu Kenyo (Wonogiri), Tritis (Wonosari), Candi Hati Kudus Yesus Ganjuran, Weleri (Kendal). Adapun tujuan dari acara ini adalah memfasilitasi peziarahan segenap umat katholik khususnya di Bogor untuk semakin memahami/menghayati keteladanan dari Bunda Maria akan kesetiaan dan penyerahan hidupnya secara total kepada kehendak Bapa.

Antusias peserta  cukup besar, dengan beberapa orang dari KKMK dan sebagian peserta umum serta Pak Joko selaku pendamping, berangkatlah rombongan  dengan  2  bis  besar pada pukul 19.30 wib dari Katedral  Bogor menuju tempat pemberhentian pertama yaitu Gua Maria Kereb Ambarawa. Selama perjalanan didalam  bis, kita melakukan beberapa aktivitas, dimulai dengan doa untuk keselamatan selama peziarahan, pengarahan dari panitia, dilanjutkan berdoa  rosario serta bernyanyi lagu rohani bersama sampai menjelang istirahat malam. Tetapi dalam perjalanan berangkat kali ini kita mengalami pergeseran waktu yang sangat lama dikarenakan adanya kemacetan di jalur perjalanan berangkat. Akhirnya sekitar jam 11.00 rombongan tiba di Gua Maria Kereb yang seharusnya perkiraan tiba pagi hari. Di tempat ini peserta  punya kesempatan untuk makan dan MCK dilanjutkan doa pribadi didepan Gua Maria. Setelah menyesuaikan dengan jadwal waktu yg sudah direncanakan maka rombongan segera meluncur ke Gua Maria Rosa Mystica dimana di sini peserta hanya melakukan doa pribadi terus Photo bersama seperti Ziarah-ziarah sebelumnya kita lakukan disetiap Gua Maria yang dikunjungi hal ini merupakan ciri khas dari KKMK khususnya dari sie dokumentasi. Selesai kegiatan di Gua Maria ini kemudian dilanjutkan perjalanan menuju Wonogiri melalui kota Solo, selama dalam bis kita bernyanyi lagu rohani bersama dan diselingi dengan acara Quiz Rohani/kitab suci berhadiah bagi peserta ziarah.

Setiba di Danan Wonogiri langsung Cek-in di Wisma dekat Area Gua Maria Ratu Kenyo, karena waktu tiba sudah menjelang malam segenap rombongan langsung makan malam terus istirahat untuk persiapan Misa Suci Jumat pagi di Kapel di komplek Gua Maria. Misa pagi itu terasa indah sekali, dibantu oleh sejumlah anggota peserta Ziarah antara lain Imel, Ivel dan Erick serta Bp. Joko, misa dapat berjalan dengan khidmat dan sangat berkesan karena kita koordinir intensi khusus dari segenap peserta yang ingin dibacakan dalam ujud misa ini serta permohonan berkat untuk Air Suci yang diambil dari sumber mata air di depan Gua Maria oleh Romo Mardi Admaja yang telah bersedia memberikan misa Suci untuk segenap rombongan Ziarah. Dalam Misa inipun Romo memberikan homili yang lumayan lama namun tidak membosankan karena apa yang dikatakannya sungguh menjadi refleksi bagi kita bersama, dimana kita sering kali terpaksa kecewa terhadap Tuhan manakala banyak doa-doa kita yang tidak terkabul hal inilah yang membutuhkan kebijaksanaan dari sikap iman kita.

Romo Mardi juga menyampaikan bahwa doa yang sungguh indah menurutnya adalah doa Salam Maria karena sungguh sederhana, yang berisi pujian dan harapan kiranya Bunda Maria berkenan mendoakan kita yang berdosa ini dan pada waktu kita mati. Selesai misa para peserta berdoa pribadi didepan Gua Maria, tidak lupa sebagai ucapan syukur panitia memberikan sumbangan untuk Gua maria dan stipendium untuk Romo Mardi.  Selanjutkan makan pagi terus chek-out dari Wisma untuk melanjutkan perjalanan ke Wonosari lewat jalur selatan dimana jalannya agak menanjak dan berkelok sehingga sedikit menghambat laju bus namun tidak mengurangi kegembiraan peserta karena adanya games, kuis, menyanyi bersama dan pemutaran film rohani didukung juga pemandangan yang indah selama perjalanan ini. 

Setelah melewati perjalanan yang mengesankan tibalah rombongan di Tritis, ditengah terik sinar Matahari peserta langsung dibagikan makan siang untuk makan bersama sekalian keperluan pribadi serta untuk persiapan Jalan Salib menuju Gua Maria. Pada kesempatan ini mengingat medan jalur Jalan Salib yang panjang maka segenap peserta dibagi dua group yaitu kelompok peserta yang mengikuti prosesi dipimpin oleh Bp. Joko dan kelompok yang satunya dapat langsung menuju ke Gua Maria Tritis dengan melewati jalur alternative. Jalan Salib yang sungguh kita yakini sebagai sarana untuk kita bersama agar semakin mampu menghayati dan mensyukuri karya penebusan umat manusia oleh karena cinta kasih Yesus yang begitu besar.  Tiap pemberhentian dilalui dengan khidmat dan inipun merupakan peziarahan batin iman kita masing-masing. Selesai Jalan salib peserta Ziarah sejenak langsung melanjutkan doa pribadi didepan Gua Maria yang sangat menakjubkan karena Gua ini merupakan Gua asli/alami yang besar dimana didalamnya diletakan patung Bunda Maria.

Selanjutnya siang itu juga rombongan berangkat menuju ke Candi  Hati  Kudus  Yesus, menjelang sore rombongan tiba di Ganjuran, peserta langsung melanjutkan keperluan pribadi seperti doa didepan candi Hati Kudus, mandi dipermandian air suci, dan beberpa peserta ada yang memanfaatkan kesempatan untuk membeli souvenir rohani bahkan oleh-oleh makanan.   Karena waktu yang terbatas maka rombongan segera dikumpulkan berangkat lagi menuju Jogja untuk Check-in di wisma PTPM. Sampai di wisma sudah dihidangkan makan malam yang lezat yang boleh dinikmati oleh peserta sambil melakukan MCK dan persiapan acara pribadi masing-masing dimana peserta dibebaskan untuk berwisata/jalan-jalan di Malioboro menikmati kota Jogja dimalam hari.

Pagi hari setelah makan pagi rombongan langsung menuju ke kendal untuk tujuan terakhir Gua Maria Weleri. Sesampainya di Gua Weleri agenda kegiatan hanya doa pribadi kemudian photo bersama setelah itu langsung kembali melanjutkan perjalanan pulang  siap menuju Bogor, dan makan siang bersama di sebuah restoran didaerah jalur utara dalam perjalanan pulang. Untuk mengevaluasi  Ziarek,  seluruh peserta mengisi Questinarre yang dibagikan oleh panitia dan ditutup dengan sharing peserta. Akhirnya dengan selamat rombongan tiba kembali di Gereja Katedral Bogor  sabtu malam. Kasih suka cita Tuhan memberkati segenap panitia untuk terselenggaranya acara Ziarah KKMKBogor dan proficiat untuk Dian Margono selaku ketua panitia ziarah 2007.

-Andre-

One Response to “Ziarah Rekreasi – Mei 2007”

  1. Anonymous said

    maaf, numpang tanya, apakah bus besar benar 2x bisa sampai ke tempat parkir gua maria tritis? tks. pak pras 0851 0255 6974 (tolong di sms ya …)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: