KKMK Bogor

Keluarga Karyawan Muda Katolik Bogor

Ziarah Rekreasi – April 2005

Posted by khristianto on January 13, 2008

Acara : Ziarek 2005
Penyelenggara : KKMK Paroki Katedral Bogor
Waktu  :  21 – 24 April 2005
Tujuan : Gua Maria Kaliori, Puh Sarang , Candi Hati Kudus Yesus Ganjuran
Peserta : 80 org

Seperti  tahun  – tahun sebelumnya untuk menyambut bulan Maria, KKMK Paroki Katedral  Bogor  mengadakan  acara  Ziarek (Ziarah dan Rekreasi) ke berbagai tempat di nusantara. Pada  tahun ini KKMK  mengajak umat Katolik di Bogor untuk berziarah ke Gua Maria  Kaliori, Puh Sarang dan Candi hati kudus Yesus Ganjuran.  Antusias peserta  cukup besar , dengan 20 orang dari KKMK dan 60 orang peserta umum, berangkatlah  rombongan  dengan  2  bis  besar   pada pukul 18. 40 wib dari Katedral  Bogor menuju tempat pemberhentian pertama yaitu Gua Maria Kaliori di Banyumas.

Selama perjalanan didalam  bis, kita melakukan beberapa aktivitas, dimulai dengan doa untuk keselamatan selama peziarahan, pengarahan dari panitia, dilanjutkan berdoa  rosario serta bernyanyi lagu rohani bersama sampai menjelang istirahat malam. Akhirnya sekitar jam enam pagi rombongan tiba di Gua Maria kaliori. Di tempat  ini  peserta  punya  kesempatan untuk MCK dilanjutkan doa pribadi didepan Gua Maria yang harus ditempuh dengan melewati jalan setapak yang agak menanjak namun diarea Gua Maria ini banyak pepohonan sehingga suasana ini membuat peserta ziarah kembali segar apalagi selesai doa pribadi diteruskan makan pagi yang telah disediakan  oleh  pihak  susteran setempat. Tepat pukul  08.00 wib perjalanan  dilanjutkan  menuju  Gua Maria Puh Sarang di daerah Kediri. Melewati  berbagai  kota  menjadi  pemandangan  yang  cukup  istimewa  bagi peserta,  diselingi  pemutaran  film   dan  lagu rohani untuk menghilangkan kebosanan  di  tengah  kemacetan  yang  sesekali  terjadi.   Berbagai games berhadiah  dan   menarik seputar alkitab pun diikuti dengan antusias oleh peserta.

Setelah  melalui hutan karet yang cukup panjang, bis memasuki daerah Kediri dan tibalah rombongan di Puh Sarang sekitar pukul 19.00 wib. Setelah  pembagian  kamar  dan  beristirahat  sejenak  diteruskan dengan makan malam. Segenap rombongan pada pukul 20.30 wib mulai melakukan Jalan Salib yang sungguh kita yakini sebagai sarana untuk kita bersama agar semakin mampu menghayati dan mensyukuri karya penebusan umat manusia oleh karena cinta kasih Yesus yang begitu besar.  Tiap pemberhentian dilalui dengan khidmat dan inipun merupakan peziarahan batin iman kita masing-masing,  menjelang pemberhentian ke 14, tiba – tiba terjadi musibah yang menimpa Bapak Antonius salah satu anggota rombongan Ziarah, beliau terjatuh ke dalam selokan dipinggir area jalan salib yang kedalamannya sekitar 1,5 meter dengan sedikit aliran air.  Pertolongan pertama  segera  diberikan oleh teman-teman panitia dibantu segenap penduduk sekitar kepada Bpk. Antonius yang mengalami patah kaki. Beliau  di bawa ke rumah sakit terdekat dan dirawat ditemani dua orang panitia sampai keluarga dari Bpk. Antonius tiba. Peserta Ziarah lainnya setelah menyelesaikan prosesi jalan salib dan doa pribadi didepan Gua Maria kembali ke Griya Wardiningsih untuk beristirahat malam.

Keesokan harinya setelah segenap peserta makan pagi dilakukan briefing sebentar oleh panitia yaitu penjelasan tentang kecelakan yang terjadi dan musyawarah bersama untuk kelanjutan jalur peziarahan dan disepakati rombongan akan tetap melanjutkan sesuai rencana kecuali sarapan pagi di Bandung ditiadakan.   Selanjutnya pagi itu juga rombongan berangkat menuju ke Candi  Hati  Kudus  Yesus, sepanjang perjalanan kembali didalam bis dilakukan beberap aktivitas yaitu doa rosario dan doa untuk kesembuhan dari Bpk. Antonius serta bernyanyi bersama ditemani pemandangan dikanan-kiri perjalanan yang indah diselingi games menarik dan berhadiah. Pukul  15.00  wib  rombongan  tiba  di  Ganjuran, langsung bersiap mengikuti  misa  berbahasa  Jawa  pukul  16.00  wib.  

Selanjutnya  peserta dipersilahkan untuk MCK dan doa pribadi di depan Candi Hati Kudus hingga pukul 18.30. Kemudian kita bersama berangkat ke  Malioboro untuk acara bebas, dimana ini merupakan bagian  terakhir dari seluruh perjalanan sebelum  kembali  ke  Bogor.   Peserta  pun  bebas  untuk  makan  malam dan shopping.  Pukul 23.00 wib bis kembali siap menuju Bogor, dan minggu pagi rombongan  makan  pagi  bersama di sebuah restoran di daerah Cirebon. Untuk mengevaluasi  Ziarek,  seluruh peserta mengisi Questinarre yang dibagikan oleh panitia dan  ditutup dengan sharing peserta.  Dengan selamat rombongan tiba kembali di Gereja Katedral Bogor  siang hari pukul 13.30 wib, Damai sejahtera Tuhan beserta kita.

-Lia-

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: