KKMK Bogor

Keluarga Karyawan Muda Katolik Bogor

Obrolan Kreatif – 9 Oktober 2005

Posted by khristianto on January 13, 2008

Tema   : “Bagaimana berharap ketika tidak ada alas an untuk berharap”
Pembicara : Rm. Yohanes Driyanto
Waktu   : Minggu, 09 oktober 2005 pkl: 10.00 – 12.00
Tempat   : Aula seminari Stella Maris

Pembahasan :
Manusia akan berharap bila menghadapi suatu masalah. Setiap orang selalu mempunyai masalah di dalam hidupnya. Masalah identik dengan penderitaan. Masalah tidak mengenal umur ( bayi, anak – anak, dewasa, tua), profesi (awam, pastur) atau siapapun orangnya bahkan Yesus pun mempunyai masalah dan mengalami penderitaan. Dalam menghadapi masalah terkadang timbul sikap fatalisme, sikap pasrah dan menerima masalah tanpa berusaha keluar dari masalahnya tersebut. Bahkan ada istilah PARS PRO TOTO yang berarti bagian dari hidup. Suatu masalah yang kecil terkadang dianggap merupakan masalh yang besar atau dianggap masalah yang sentral. Kita tidak boleh membiarkan diri kita dikuasai oleh masalah yang kita hadapi. Jangan pula memendam masalah yang akan dapat menimbulkan penyakit-penyakit yang cukup berat yang tidak kita kira seperti kolesterol bahkan kebutaan atau ketulian. Yang parahnya, dapat pula menyebabkan manusia menjadi gila, seperti orang kerasukan bahkan bunuh diri.

Manusia jangan berkutat terus dengan masalahnya alias terperangkap masalah. Pola berpikir yang timbul yaitu mencari yang pasti, aman atau yang jelas-jelas saja sehingga akan membentuk kebiasaan umum atau tradisi. Manusia sendiri yang membuat aturan atau kebiasaan-kebiasaan tersebut dan menyebabkan pandangan yang sempit / naïf. Misalnya: orang yang sedang mengalami patah hati akan sedih, menangis, dendam dsb, dan orang sekelilingnya akan memakluminya. Tetapi apakah akan terus menerus bersedih, menangis?
“Hidup merupakan suatu hal yang lebih besar daripada sebuah masalah”

Untuk memecahkan masalah, kita harus dapat bertindak, berbuat sesuatu, jangan hanya berdiam diri. Anggaplah sebuah masalah adalah peluang atau tantangan hidup. Dalam buku “Yesus bukan orang Kristen” karangan Albert Nolan, ada istilah LOMPATAN IMAGINATIF KREATIF. Manusia harus dapat melompat keluar dari masalah-masalah ataupun aturan dari tradisi-tradisi yang ada. Semangat dan harapan diperluakan untuk menghadapi suatu masalah. Ada beberapa hal yang dapat dipelajari untuk menghadapi masalah yaitu :

1. Bandingkanlah masalah yang kita hadapi dengan masalah yang sedang dihadapi oleh orang lain dimana masalah tersebut lebih besar dan susah. Bersyukurlah terhadap segala sesuatu yang kita punya dan terima.
2. Belajar untuk memilih, membuat keputusan dan berani menerima resikonya. Apapun keputusan yang kita pilih pada akhirnya akan menimbulkan kelegaan dipikiran walaupun pada awalnya adalah susah.
3.Mengurangi kebiasaan untuk melegalisasi diri yang dapat menimbulkan kebencian pada diri sendiri. Pujian yang diterima tidak pada tempatnya akan menyebabkan citra diri yang salah. Tanamkan bahwa “ANDA ADALAH ISTIMEWA”
4.Bertanggung jawab.
5.Transedensi : tersenyum dan menikmati hidup walaupun mempunyai masalah dan beban hidup yang besar.

Adapun istilah yang cukup dikenal yaitu MUKJIZAT. Mukjizat bukan selalu dan tidak harus dan tidak pasti sesuatu yang diluar Hukum Alam. Mukjizat bukanlah suatu sulap/magic ataupun seperti manusia yang melayang ketika berdoa. Mukjizat adalah karya Tuhan yang membuat orang terpesona dan kagum dimana akan terjadi pada orang yang beriman.

Referensi,
– Mengubah hambatan menjadi peluang, karangan Paul G. Stoltz, Phd
– Yesus bukan orang Kristen, karangan Albert Nolan., OP
– SQ – spiritual Quotient, karangan Danah Johar & Ian Marshall
– Pengharapan, karangan Muyen Van Thuan
 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: